Keterlibatan Orang Tua Di Bangku Sekolah

Bluestacks Download sebuah aplikasi yang bersifat atau freeware yang bertipe jenis virtual mesin untuk menjalankan segala macam aplikasi berbasis android di personal computer

Nampaknya ketika anak-anak kita duduk di bangku sekolah dasar, keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah mereka sehari-hari sangatlah mudah. Menghadiri pertemuan PTA dan drama sekolah, menjadi ibu wali kelas, dan bahkan membantu pekerjaan rumah membuat kita tetap terhubung dengan kehidupan sekolah dan membantu kita mengawasi perkembangan anak-anak kita.

Tetapi bagi kebanyakan orang tua, seiring kemajuan siswa mereka di sekolah, pemantauan tugas dan aktivitas sekolah mereka menjadi sedikit lebih rumit. Ketika anak-anak mencapai SMP dan SMA, mereka memiliki beberapa guru yang berbeda dan tuntutan akademik menjadi lebih maju. Ada juga lebih sedikit kegiatan yang menarik orang tua ke dalam kehidupan sekolah pada tingkat ini.

Remaja menjadi tampak lebih mandiri, diterjemahkan bahwa mereka tidak terlalu membutuhkan (atau menginginkan) kita, mereka menjadi mobile, dan tiba-tiba menjadi semakin sulit untuk mengikuti apa yang terjadi dalam hidup mereka, baik secara akademis maupun secara sosial.

Selama 29 tahun saya mengajar matematika di sekolah menengah, saya, seperti kebanyakan pendidik, menyaksikan berbagai tingkat keberhasilan pengasuhan siswa sekolah menengah atas. Tentu saja, ada banyak variabel yang terlibat dalam setiap kasus individu.

Remaja adalah makhluk yang sangat unik; apa yang berhasil untuk satu mungkin tidak bekerja untuk yang lain. Seorang remaja mungkin menjadi siswa yang sangat sukses meskipun hanya memiliki sedikit, jika ada, bimbingan orang tua. Yang lain mungkin memiliki orang tua yang melakukan “semua hal yang benar” dan masih menjelajah ke bidang-bidang yang merugikan kesuksesan mereka.

Tetapi satu karakteristik umum yang saya amati di antara sebagian besar siswa sekolah menengah yang sukses adalah keterlibatan orang tua yang berkelanjutan selama tahun-tahun sekolah menengah. Dalam melakukan beberapa penelitian ekstensif pada subjek, saya menemukan studi demi studi yang sangat menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan remaja secara langsung berkaitan dengan peningkatan prestasi.

Jadi, apa sebenarnya yang kita maksud dengan keterlibatan orang tua? Apa bentuk yang diambil selama tahun-tahun sekolah menengah? Sebenarnya, itu bisa mengambil banyak bentuk.

Menghadiri acara sekolah, sering berkomunikasi dengan guru, memantau pekerjaan sekolah, menanggapi permintaan dari sekolah untuk berinteraksi, dan mengambil bagian aktif dalam persiapan anak remaja Anda untuk transisi ke kehidupan setelah sekolah menengah merupakan komponen integral dari keterlibatan orang tua yang harus disertakan di sekolah. tingkat sekolah menengah.

Struktur sebagian besar sistem pendidikan tampaknya terus berubah, terkadang dengan hasil yang baik dan terkadang tidak begitu baik. Ketidakstabilan ini menganggap hampir perlu bahwa orang tua bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak mereka. Bahkan sekolah terbaik pun mungkin memiliki guru yang kelebihan beban dan sumber daya yang terlalu sedikit.

Orang tua harus mengambil peran proaktif jika ingin anaknya menjadi siswa yang sukses. Tidak mengherankan, ini sama pentingnya selama tahun-tahun sekolah menengah seperti halnya di tingkat dasar.

Leave a Reply