Vitamin: Larut Lemak Atau Air?

Vitamin adalah zat organik penting dalam jumlah kecil untuk pertumbuhan dan aktivitas normal tubuh. Mereka diperoleh secara alami dari makanan nabati dan hewani. Vitamin memiliki dua klasifikasi, larut dalam lemak atau air, tergantung pada bahan di mana mereka larut.

Saat beraktivitas padat dan menguras banyak tenaga pastinya kita membutuhkan suplemen untuk meningkatkan daya tubuh, kini hadir imboost produk suplemen kesehatan yang mengandung bahan alami, Echinacea Purpure yang berfungsi untuk meningkatkan daya tubuh. Sumplen Imboost juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak, varian untuk anak yaitu imboost kids syrup, imboost force kids syrup dan juga imboost chewy. sedangkan imboost untuk dewasa memiliki varian poduk imboost force dan imboost tablet.

Vitamin yang larut dalam lemak:
Vitamin yang larut dalam lemak termasuk A, D, E dan K. Vitamin ini disimpan dalam jaringan lemak tubuh sebelum diserap dalam aliran darah. Karena tubuh menyimpan vitamin-vitamin ini, tidak selalu perlu untuk mendapatkan pasokan segar setiap hari. Perhatian harus digunakan ketika mengambil vitamin yang larut dalam lemak untuk menghindari potensi tingkat toksik yang berbahaya.

Vitamin yang larut dalam lemak diperlukan untuk pemeliharaan tulang, kulit dan rambut yang sehat dan untuk membawa makanan ke sel. Vitamin A sangat penting untuk penglihatan, terutama penglihatan malam. Vitamin K sangat penting untuk pembentukan protein pembekuan darah.

Sumber makanan utama vitamin ini adalah sayuran berdaun hijau, buah dan sayuran berwarna oranye atau kuning, minyak ikan cod, sarden, mentega, kuning telur, susu yang diperkaya, kacang almond, bibit gandum, selai kacang, minyak jagung, biji bunga matahari, dan hati .

Vitamin yang larut dalam air:
Vitamin yang larut dalam air termasuk B1, B2, B3, B6, B12 dan vitamin C, serta asam folat dan biotin. Vitamin yang larut dalam air, tidak seperti vitamin yang larut dalam lemak, tidak mudah disimpan dalam tubuh dan sering hilang dari makanan dalam proses memasak. Karena itu penting untuk memasukkan vitamin-vitamin ini dalam rejimen diet harian.

Vitamin B terlibat dalam pemecahan lemak dan protein. Vitamin B diperlukan untuk fungsi sistem saraf yang sehat, kesehatan kulit, rambut, mata, dan fungsi hati. Beberapa vitamin B membutuhkan vitamin B lainnya untuk bekerja dengan benar dalam tubuh.

Vitamin C (asam askorbat) penting bagi tubuh dalam produksi kolagen, menciptakan jaringan ikat dan mendukung organ kita. Fungsi lainnya termasuk melindungi vitamin yang larut dalam lemak dan mencegah penyakit kudis.

Sumber makanan utama vitamin ini adalah biji-bijian sereal, daging, unggas, telur, ikan, susu, kacang-kacangan dan sayuran segar. Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk, jambu biji, paprika merah, pepaya, jus jeruk, brokoli, paprika hijau, stroberi, blewah, jus tomat, mangga, kentang,
kubis, tomat, sawi, bayam, kubis brussel, lobak, kembang kol, blackberry, dan blueberry.

Leave a Reply